Senin, 02 Juli 2018

Pondasi merupakan bagian paling bawah pada sebuah bangunan. Keberadaannya tentu menjadi hal yang harus paling dimatangkan, karena akan menopang seluruh beban bangunan. Semakin tinggi bangunan yang dibangun, tentunya semakin besar pula tekanan yang diberikan terhadap pondasi bangunan, sehingga pemilihan pondasi bangunan haruslah tepat karena mencakup keselamatan dan kekokohan sebuah rumah.
Pondasi bangunan sejatinya dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan kemampuannya menahan beban, yakni :

1. PONDASI DANGKAL
ini biasanya dipakai untuk bangunan yang tidak terlalu berat seperti rumah tinggal, masjid, gereja, kuil, toko dan sebagainya. pondasi dangkal biasanya dibentuk dari batu kali atau batu pecah, yangmana merupakan sekumpulan batu alam yang ditata dengan bentuk dan ukuran tertentu menggunakan bahan pengikat adukan.
Pondasi cakar ayam 
hampir sama dengan foot plat (pondasi tulangan, namun terdapat penambahan perkuatan di bawahnya, biasanya pondasi cakar ayam digunakan untuk pembangunan-pembangunan rumah sederhana hingga rumah bertingkat. Kecenderungan penampang alas yang besar memungkinkan pondasi cakar ayam memecah tekanan beban yang diberikan dari bangunan kesegala arah tapakan. Teknik ini banyak digunakan untuk bagunan rumah bertingkat, dan juga bangunan dengan struktur tanah yang labil.



pondasi umpak dari beton
Dalam pondasi umpak, lubang-lubang pondasi diisi oleh beton-beton. Lain umpak lain lagi pondasi rollag, pondasi jenis ini terbuat dari pasangan batu bata dan bahan pengikat campuran adukan pasir semen serta air dengan perbandingan campuran tertentu.

B. PONDASI DALAM
Pondasi ini dikhususkan untuk bangunan yang mempunyai berat yang tidak biasa dan membutuhkan pondasi yang benar-benar kokoh seperti gedung bertingkat tinggi, jembatan bentang lebar dan bangunan sejenis lainnya. Beberapa jenis yang termasuk pondasi dalam antaralain sbb:

Pondasi tiang pancang Pondasi ini terbuat dari beton precast berbentuk penampang lingkaran, segitiga atau persegi dengan panjang tiang pancang perbuah berkisar antara 10 m sampai 30 m. pembuatan pondasi tiang pancang di pabrik kemudian dikirim ke lokasi pembangunan untuk dilakukan pemasangan.


Pondasi bore pile Pondasi jenis ini hampir sama dengan tiang pancang namun pondasi bore pile dibuat di tempat dengan cara melakukan pengeboran tanah kemudian memasukkan besi tulangan diakhiri dengan pengecoran beton. Dalam membuat sebuah pondasi dibutuhkan perhitungan kekuatan struktur tersendiri, sehingga dapat ditentukan dimensi yang kuat dan efisien untuk digunakan.

Untuk jenis pemilihan jenis pondasi disesuaikan dengan jenis bangunan dan beban yang terjadi pada bangunan.




0 komentar:

Posting Komentar

KreatifDesain

Arsitektur, Struktur, Sipil, Marine, Kursus Teknik (Autocad dll)

Mengenai Saya

Surabaya, Indonesia
Contact: WA 085733338359
Diberdayakan oleh Blogger.

Postingan Diunggulkan

Macam-Macam Jenis Plafon

Seperti yang kita ketahui semua, dalam sebuah bangunan semua struktur yang berada di bangunan tersebut memiliki fungsi dan perhitungannya m...

Kata Mutiara Hari Ini

Kata Mutiara Hari Ini

Postingan Populer

Wikipedia

Hasil penelusuran