Senin, 13 Agustus 2018

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat kamar mandi sangatlah banyak. Sebab, meskipun ruangan ini sering diletakkan di bagian rumah yang tersembunyi dan dipandang sebelah mata, namun keberadaannya sangat vital. Rumah tanpa adanya kamar mandi akan merepotkan anggota keluarga itu sendiri. Karena pentingnya dari fungsi kamar mandi, maka pembuatannya pun tidak boleh sembarangan. Beberapa hal harus diperhatikan sebelum membuatnya agar dimanfaatkan secara maksimal sesuai fungsinya. Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan tersebut.



1.       Desain Kamar Mandi,
Desain kamar mandi ini akan berpengaruh pada peralatan yang disertakan di dalamnya. Dalam hal ini, Anda bebas menentukan desain sesuai keinginan sehingga dapat membuat nyaman siapa saja yang menggunakannya. Kamar mandi dengan luasan berapa pun bisa Anda sulap menjadi tempat yang nyaman untuk melakukan aktivitas mandi. Yang terpenting dalam hal ini, penggunaan peralatan sangat tergantung dari luasan kamar mandi. Semakin sempit kamar mandi yang Anda rancang, semakin sedikit peralatan yang Anda pajang di dalamnya. Pilihlah peralatan yang penting-penting saja, misalnya satu buah rak kecil saja yang digunakan sebagai tempat untuk meletakkan sikat dan pasta gigi atau lainnya. Jika perlu, Anda tidak perlu menggunakan bak mandi. Gantilah bak mandi dengan shower atau ember biasa, selain itu gunakanlah pintu kamar mandi yang sesuai dengan ukuran kamar mandi Anda agar terlihat lebih nyaman.

2.       Budget yang Anda Miliki, 
Hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan. Membuat kamar mandi dengan konsep mewah dan luas boleh-boleh saja, asalkan anggarannya mencukupi. Bagaimana pun juga kemewahan sebuah kamar mandi hanya sebagai pelengkap dan nilai tambah. Sedangkan, fungsi utama kamar mandi adalah wajib. Asalkan fungsinya sudah terpenuhi, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk membentuknya menjadi lebih mewah. Sesuaikan pembuatan kamar mandi ini dengan uang yang Anda miliki. Masih banyak kebutuhan lain yang memerlukan pengeluaran biaya. selain itu memaksakan dana yang berlebihan pada pembuatan kamar mandi juga akan berdampak pada bagian lainnya, banyak juga seseorang membuat kamar mandi dengan budget yang pas-pasan tetapi dengan sedikit kreatifitas kamar mandi bisa di sulap menjadi kamar mandi yang nyaman dan bagus.

3.       Sesuaikan dengan Konsep Ruangan Lain, 
Penyatuan konsep antara kamar mandi dengan ruangan lain dalam rumah sangatlah penting. Akan terasa tidak pas jika rumah yang mengusung konsep minimalis, namun kamar mandinya sangat mewah. Begitu juga sebaliknya, ruang dengan konsep megah, namun kamar mandinya sangat minimalis. Kesesuaian konsep antara kamar mandi dengan ruangan lain, bahkan konsep rumah itu sendiri, akan menampilkan sebuah rumah yang nyaman dan sedap dipandang mata. Selain ketiga hal tersebut di atas, ada beberapa tambahan poin penting lain jika Anda ingin kamar mandi tersebut dibangun di dalam kamar tidur. Sebagai contoh, Anda perlu memperhatikan luas kamar tidur, peletakan posisi kamar mandi, kelancaran saluran air, dan jaminan kamar mandi tidak membuat lembab kamar tidur. Semakin pandai Anda dalam merencanakan dan mengaturnya, semakin nyaman kamar mandi yang akan Anda buat.
4.       Konsep Perletakan peralatan kamar mandi,
Perletakan peralatan kamar mandi dan penentuan posisinya haruslah memudahkan pengguna. Jangan sampai letak peralatan menyulitkan pengguna bahkan tidak masuk akal dalam penempatannya.
Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan dan menjadi pertimbangan saat membuat kamar mandi semoga bermanfaat.



0 komentar:

Posting Komentar

KreatifDesain

Arsitektur, Struktur, Sipil, Marine, Kursus Teknik (Autocad dll)

Mengenai Saya

Surabaya, Indonesia
Contact: WA 085733338359
Diberdayakan oleh Blogger.

Postingan Diunggulkan

Macam-Macam Jenis Plafon

Seperti yang kita ketahui semua, dalam sebuah bangunan semua struktur yang berada di bangunan tersebut memiliki fungsi dan perhitungannya m...

Kata Mutiara Hari Ini

Kata Mutiara Hari Ini

Postingan Populer

Wikipedia

Hasil penelusuran